Connect with Us


Kamis, 18 Desember 2014

Kegiatan perusahaan dagang



Flashback sebentar ya gaes :D , monggo dibaca ..
KEGIATAN PERUSAHAAN DAGANG .
1.    Pembelian
Dalam suatu perusahaan dagang pembelian ialah meliputi pembelian aktiva , pembelian barang dagang , pembelian barang lain dan jasa lain. Pembelian bisa dilakukan dengan kredit atau tunai , nah kalau secara tunai otomatis kas kita berkurang disebelah kredit dan jika secara kredit maka kita akan menimbulkan akun ‘utang dagang’.
Jumlah yang dibebankan kepada perusahaan merupakan harga pokok barang untuk memperoleh barang tersebut , seperti ongkos asuransi dan lain-lain jua termasuk, jika perusahaan tidak puas dengan barang yang dibeli maka dapat dikembalikan (purchases return) dan juga bisa mengurangi harga (purchases allowance). “Akunnya ialah pembelian retur dan pengurangan harga” (purchases return and allowwance)
2.    Pembayaran
Setiap pembelian pasti diikuti oleh pembayaran. Gak hanya untuk pembayaran pembelian barang dagang aja , tapi misal untuk bayar beban beban, tagihan , hutang , dan lain sebagainya.
3.    Penjualan
Setelah membeli barang dagang perusahaan akan menjual kembali barang tersebut, dalam perusahaan penjualan dicatat dalam akun “penjualan”.
Penjualan dapat dilakukan secara kredit maupun tunai , jika penjualan secara kredit makan akan menimbulkan akun ‘piutang dagang’.seperti halnya pembelian , penjualan barang dagang pasti ada kalanya menerima pengembalian barang dagang yang sudah dibeli oleh karena rusak atau sebagainya.
Pengembalian penjualan barang dagang dan pengurangan harga ini dicatat dalam akun ‘penjualan retur dan pengurangan harga’ (sales return and allowance).
4.    Penerimaan Uang
Seperti halnya pembelian yang diikuti pembayaran , maka penjualan akan diikuti penerimaan uang. Penerimaan uang tidak hanya dari penjualan barang dagang saja , ada juga sumber sumber lain misalnya setoran modal pemilik , pinjaman kreditur dan lain lain.

Nah itulah kegiatan dalam perusahaan dagang , suatu saat kita pasti akan menjumpainya gaes , sukses selalu untuk kita semua..
Tunggu posting selanjutnyaaa ..

See yaa :D
Sumber : Buku Akuntansi Suatu Pengantar , Soemarso S.R , edisi 5

~terimakasih~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar